VAD'S MIND

Sunday, February 24th 2013. kategori: Blog

Tidak sedikit orang merasa kesulitan membebaskan diri dari jeratan utang. Jika pandai mengelola keuangan, Anda dapat segera bernapas lega karena terbebas dari utang, sekaligus mengembalikan keadaan finansial ke jalur yang benar.

Nah, berikut ini adalah sejumlah jurus yang dapat diterapkan untuk melepaskan diri dari belitan utang:

1. Menilai kondisi keuangan

Untuk membebaskan diri dari jerat utang dan melunasinya, Anda perlu mengetahui berapa jumlah total utang yang dimiliki, berikut tingkat suku bunganya. Keluarkan semua kertas tagihan Anda dan tulis daftar untuk menentukan berapa banyak utang Anda sesungguhnya. Begitu mengetahui jumlah utang keseluruhan, Anda bisa mulai membuat rencana untuk melunasinya.

2. Prioritaskan pembayaran

Anda harus bisa memprioritaskan kebutuhan agar dapat mengetahui pengeluaran mana yang harus dibayar lebih dulu. Misalnya, Anda membutuhkan rumah. Jadi, masuk akal apabila memprioritaskan pembayaran hipotek atau sewa rumah terlebih dulu. Anda juga membutuhkan listrik, air, dan telepon sehingga membayar tagihannya juga perlu diprioritaskan. Sementara itu, utang-utang lainnya seperti utang kartu kredit atau cicilan furnitur dan perangkat elektronik misalnya, menempati urutan kesekian.

3. Penghasilan ekstra

Setelah mengetahui jumlah utang secara keseluruhan, Anda perlu mencari tahu ke mana larinya uang sehingga dapat memangkas pengeluaran yang tidak perlu. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan uang yang tersisa untuk membayar utang. Selain itu, temukan cara untuk mendapatkan penghasilan ekstra.

4. Lunasi utang kartu kredit

Kunci untuk membebaskan diri dari utang kartu kredit adalah membayarnya dengan jumlah di atas pembayaran minimum yang ditetapkan. Cara lain untuk melunasi utang kartu kredit adalah lewat program transfer balance, yakni memindahkan saldo tagihan kartu kredit kepada kartu kredit terbitan bank atau lembaga keuangan lain yang lebih rendah.

5. Tahan nafsu belanja

Cara tercepat untuk memperbaiki kondisi finansial Anda adalah dengan tidak menghambur-hamburkan uang. Hindari membawa kartu kredit saat berbelanja, lalukan pembayaran dengan uang tunai, bayar tagihan kartu kredit tepat waktu, dan lain sebagainya.

6. Rencana pengeluaran

Bikin rencana pengeluaran bulanan yang berisi rincian perkiraan pengeluaran Anda setiap bulannya. Dengan membuat timeline, Anda bisa mengawasi jumlah uang masuk dan keluar, sekaligus memangkas kebutuhan yang tidak diperlukan jika telah menghabiskan uang lebih banyak daripada yang direncanakan.

7. Berkorban

Jika Anda tetap tidak menemukan cara untuk menghasilkan lebih banyak uang dan mulai melunasi utang, perlu ditempuh cara lain yang lebih ekstrim. Misalnya, pindah ke rumah yang lebih sederhana, mengganti kendaraan dengan yang lebih terjangkau, atau memasukkan anak ke sekolah negeri daripada sekolah swasta. Dengan begitu, dana yang tersisa bisa digunakan untuk melunasi utang, dan Anda pun mendapatkan kesempatan untuk menata ulang kehidupan finansial.

 

(*/mediaindonesia.com)

FRIEND, FAN & FOLLOW VAD !

LGI Corp.
Jl.Kelapa Dua Wetan Raya 7 B, Ciracas – Cibubur, Jakarta Timur
Phone (021) 8770 5927, 8770 5978
Fax (021) 870 6396

 

 

Picture2BANNER-BUSANA-MUSLIM-PLUS

 

 


Visitor Counter
  • 541143All:
  • 0Today:
  • 130Yesterday:
  • 945Week:
  • 2879Month:

Daftar Klien

Banyak perusahaan besar di Indonesia yang telah memakai jasa Valentino Dinsi
LGI Corp. Copyright © 2012 All Rights Reserved